Selasa, 13 Desember 2016

Tips Sebelum Berangkat Double Degree ke Belanda dan List Barang yang Dibawa

Tips Sebelum Berangkat
                Sudah beres masalah administrasi pendaftaran dan mungkin sudah mendapatkan beasiswa? Bersyukurlah, tapi jangan berleha dulu. Ada beberapa hal yang kamu harus lakukan!
1 – Urus segala sesuatu yang berkaitan dengan kampus asal
                Sebelum pergi, uruslah semua nilai-nilai kamu di perkuliahan dan mintalah transcript versi bahasa Inggris yang ditandatangani dekan dan dosen pendamping akademik. Dengan itu kamu juga sudah dinyatakan tutup teori oleh pihak kampus. Selain itu, untuk yang sudah penelitian atau kerja praktek, jangan lupa untuk menyelesaikan administrasi, presentasi, ataupun pengumpulan laporan. Karena setelah satu tahun kamu tidak akan kembali untuk mengurusi hal-hal itu lagi bukan?
2 – Pamitan
               Satu hal ini klasik tapi wajib kamu lakukan. Minta izinlah kepada semua dosen yang sudah berperan dalam usahamu, apalagi pihak dekanat dan jurusan yang mungkin kamu masih mintai tolong saat di Belanda nanti. Dan tidak hanya berpamitan kepada para dosen saja, tapi juga teman-teman kamu yang tidak akan kamu jumpai selama setahun. Jika kamu bermodal banyak, tidak ada salahnya untuk mentraktir mereka atau adakan farewell party kecil-kecilan.
3 – Menyiapkan segala berkas yang dibutuhkan
                Berkas yang harus kamu urus beberapa hari (bahkan beberapa minggu) sebelum berangkat adalah :
a.       Tiket : biasanya sudah diurus oleh agen dari Saxion perwakilan Indonesia (kontak Bu Tina : ----) dan kamu tinggal menyiapkan sejumlah uang yang dibutuhkan. Jika kamu ingin berangkat sendiri tanpa agent, carilah penerbangan yang nyaman dan murah sesuai dengan budget mu!
b.      Legalisir akte kelahiran (dalam bahsa Inggris): legalisir akte dalam bahasa inggris sangat penting untuk membuat surat kependudukan nantinya di Belanda. (dalam hal ini sudah diurus oleh agen)
c.        Visa : jauh hari sebelum berangkat, kamu sudah mendaftar visa dengan catatan sudah pasti tiket keberangkatan dan berkas-berkas lain yang diperlukan sudah lengkap. Berkas yang diperlukan : Letter of Acceptance dari Saxion, passport terbaru, formulir pendaftaran visa (sudah diprint dan diisi), dan foto visa (bisa dilakukan di kedutaan Belanda saat mengantri pembuatan visa dengan mebayar Rp 50,000). Dan saat pembuatan visa, yang diperbolehkan masuk hanya si pendaftar visa (kamu) jadi jika membawa saudara, orangtua, atau teman, maka mereka harus menunggu di luar area kedutaan besar belanda (karena pengamanan yang ketat).
4 – Jangan lupa tukar rupiah dengan euro
                Hal ini jangan sampai lupa, karena tidak akan ada penkaran rupiah di Belanda kecuali dengan teman-teman sesama Indonesia yang ingin menukarnya.

Tips Barang yang Dibawa
                Bingung mau membawa aja ke Belanda? Satu tahun meninggalkan Indonesia dan merasa semuanya harus dibawa? Takut beli jaket untuk winter di Belanda harganya mahal? Berikut adalah hal-hal yang mungkin kamu pertimbangkan untuk membawa atau tidak membawanya :
1 – Barang elektronik (Laptop, HP, tablet, kamera; beserta charger, flashdisk atau drive cadangan). Barang ini wajib kamu bawa. HP atau tablet kamu gunakan untuk komunikasi, laptop untuk segala macam tugas, dan kamera pastinya untuk merekam semua momen terindah kamu selama di negeri orang). Jangan sampai lupa bawa chargernya ya!
2 – Tidak perlu bawa barang elektronik lain : kabel rol, magic com, setrika, hair dryer, catok, dll. Kamu tidak perlu membawa barang-barang tersebut karena selain memberatkan kuota bagasimu, juga beberapa sudah disediakan oleh pihak housing, dan juga beli di Belanda lebih murah dibanding kamu harus membawa beban di bagasimu. Magiccom wajib dimiliki jika kamu masih tidak bisa makan selain makan nasi dan malas menanak nasi manual, di Belanda banyak yang jual magiccom dengan harga kisaran ---- euro.
3 – Tidak perlu membawa selimut atau jaket tebal. Selimut akan diberikan oleh pihak housing, lengkap beserta sprai, dan kamu juga bisa membelinya di toko manapun dengan harga terjangkau. Jaket tebal masih dalam kontroversi jika ingin membawa dari Indonesia atau tidak. Pertimbangannya : kamu datang saat musim panas, bagasi akan penuh dengan jaketmu saja, harga jaket di Indonesia katanya lebih murah. Nah, daripada bingung, cukup bawa jaket tebal satu saja atau tidak sama sekali. Karena disaat musimnya akan tiba, kamu akan melihat jaket tebal dijual dimana-mana dengan harga terjangkau. Paling murah mungkin kamu bisa mendapat jaket tebal dengan harga 15 euro, atau yang harga standard kualitas bagus sekitar 25 euro.
4 – Bawa oleh-oleh khas Indonesia. Akan banyak teman baru di Belanda yang akan kamu jumpai. Maka dari itu, siapkanlah oleh-oleh atau kenang-kenangan dari Indonesia. Yang paling mudah adalah bawa lah uang Rp 1,000 atau Rp 2,000 rupiah (atau berapapun yang kamu sukai) dan uang tersebut yang masih baru dari bank (licin dan tidak lecek). Simple kan? Atau kalau kamu mau lebih berkesan, bisa belikan gantungan kunci atau gelang yang bermotif khas Indonesia.
5 – Bawa batik dan kebaya atau baju adat lainnya. Berpergian jauh tapi jangan lupa untuk memperkenalkan Budaya Indonesia! Salah satunya dengan membawa batik (wajib!). Karena akan ada banyak acara formal yang akan kamu datangi, dan jika acara Indonesia, maka dresscode yang umum adalah batik. Dan jika kamu pandai dalam bidang seni (missal tari, beladiri, musik, dll) maka bawalah kostumnya karena nanti akan bermanfaat jika tetiba kamu diminta tampil untuk acara tertentu.
6 – Bawa lah ulenan/uleg-uleg/peracik/penggilas (atau apapun bahasanya untuk meracik bumbu Indonesia). Jika kamu suka masak dan kangen makanan Indonesia, barang ini wajib kamu bawa karena tidak akan kamu dapatkan di Belanda (kecuali dalam bentuk porselen untuk racik obat)
7 – Makanan Indonesia, bawa atau tidak? Sebenarnya ada banyak toko asia di Belanda (di Enschede saja ada tiga), dan banyak bahan masakan yang kamu bisa temui disini. Saos, kecap, sarden, mie instan, susu, sirup, bahan agar-agar, kue basah, kue kering, lengkap! Tapi untuk merek-merek tertentu kamu tidak akan menemuinya. Jika dikira perlu, bawalah secukupnya saja! Dan ingat, beras bisa kamu temui di supermarket manapun di Belanda, jadi tidak perlu bawa beras kecuali hanya untuk hari pertama jika kamu kelaparan dan belum sempat pergi kemana-mana.
8 – Obat-obatan pribadi. Ada banyak swalayan yang menjual obat-obatan diantaranya kruidvat, tapi lebih aman lagi kalua bawa sendiri dari Indonesia. Conntohnya saja obat flu, sakit kepala, maag, diare, atau mungkin jika punya obat pribadi, bawalah obat-obatan tersebut.
9 – Almamater. Tidak wajib, tapi tidak ada salahnya jika kamu membawa yang satu ini untuk sekedar berfoto di depan kampus, atau tempat yang ingin kamu berfoto mengenakannya.
10 – Yang terakhir dan paling penting adalah semua berkas yang sudah kamu urus dari Indonesia. Jangan lupa fotokopian atau scannan nya.
                Yang perlu diingat adalah berat koper untuk bagasi tidak lebih dari 30kg, dan untuk kabin tidak lebih dari 7kg. Untuk bagasi boleh membawa dua koper asalkan total berat adalah 30kg. Kalau lebih, kamu bisa dikenakan biaya per kilo-nya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar